Usaha Waralaba
Usaha Waralaba

Usaha Waralaba Yang Menggiurkan

Diposting pada

Usaha Waralaba Yang Menggiurkan – Jika anda memiliki sebuah usaha yang sudah sukses dan ingin mengembangkan usaha anda tersebut secara lebih luas. Tidak hanya di pasar regional tetapi juga internasional maka mewaralabakan usaha adalah langkah yang tepat. Nah untuk membantu anda apakah usaha anda bisa di waralabakan atau tidak serta ketentuan apa saja yang harus dipenuhi sebelum mewaralabakan usaha akan dijelaskan di bawah ini.

Usaha Waralaba
Usaha Waralaba

Dalam ilmu waralaba usaha apapun sebenarnya bisa menggunakan sistem usaha waralaba atau diwaralabakan. Dalam rangka pengembangan atau perluasan pasar. Akan tetapi untuk mewaralabakan sebuah usaha ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh franchisor. Karena mewaralabakan usaha bukan hanya sekedar kemauan saja. Tetapi lebih dari itu juga ada kewajiban moral dari franchisor untuk memuaskan franchise atau mitra bisnisnya.

Ketentuan yang harus dipenuhi franchisor sebelum mewaralabakan usaha adalah

  • Pertama kredibilitas usaha. Artinya ketika anda ingin mewaralabakan usaha maka usaha anda tersebut harus sudah terbukti kredibilitasnya. Kredibilitas di sini bisa tercermin dari ukuran jumlah cabang tahun beroperasi profitabilitas kekuatan manajemen kepuasan mitra atau konsumen dan masih banyak lagi.
    Advertisement
  • Kedua ciri khas usaha. Artinya usaha anda harus memiliki ciri khas atau keunggulan yang tidak mudah ditiru. Misalnya dari kualitas produk atau jasa yang dijual. dari sistem manajemen cara penjualan dan pelayanan terkait pasar merek biaya investasi dan lain-lain.
  • Ketiga sistem usaha mudah diajarkan dan dioperasikan. Secara umum jika usaha anda begitu rumit sehingga tidak dapat diajarkan kepada franchise dalam 3 bulan maka akan sulit untuk di waralabakan.
  • Keempat bisa dijadikan di berbagai tempat. Artinya usaha tersebut bisa dijalankan di berbagai tempat sesuai dengan persyaratan usaha dan bisa dipindahkan lokasinya ke tempat lain termasuk ke luar negeri.
  • Kelima punya sop atau system operating prosedur. Untuk semua operasi usaha baik mingguan harian dan bulanan. Tujuannya agar franchise bisa menjalankan usaha tersebut sesuai petunjuk manual secara sistematis seperti yang anda lakukan untuk mencapai hasil yang maksimal.
    Advertisement
  • Ke 6 nilai investasi yang terjangkau. Keterjangkauan mencerminkan kemampuan calon franchisee untuk membeli waralaba anda dan bukan hanya biaya aktual dari waralaba.

Selanjutnya :

  • Ketujuh menguntungkan. sebuah waralaba harus menguntungkan dalam jangka panjang dan menguntungkan nya itu adalah setelah royalti Anda dibayar. jangan sampai niatan Anda hanya sekedar untuk mendapatkan franchise atau menerapkan target jangka pendek tanpa mempertimbangkan faktor franchise.
  • Kedelapan punya modal cukup. Maksudnya sebagai franchisor Anda harus punya SDM dan sumber dana yang memadai dan kuat untuk mensupport usaha anda kedepannya.
  • Kesembilan komitmen dalam menjaga hubungan baik. dalam sistem franchise faktor kesuksesan terletak dalam bagaimana franchisor membina hubungan yang baik dan saling menguntungkan dengan franchise. Jika anda sebagai franchisor memiliki relationship yang baik dan kuat terhadap franchise. Maka itu akan mempermudah ketika anda ingin melakukan atau mengenalkan perubahan dalam bisnis.
  • Kesepuluh sistem manajemen yang kuat. Ini mungkin adalah komponen yang paling penting. Karena banyak franchisor yang gagal dan tidak bisa membuat franchise puas karena faktor kurangnya pengalaman.

Baca Juga : 

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *