Tips Membeli Franchise Asing
Tips Membeli Franchise Asing

Tips Membeli Franchise Asing

Diposting pada

Tips Membeli Franchise Asing – franchise asing atau franchise luar negeri memang masih menjadi daya tarik luar biasa bagi calon franchisee. Meski franchise lokal tidak kalah baik namun beberapa investor ada yang lebih senang mengambil franchise luar negeri ketimbang franchise lokal.

alasannya karena selain franchise asing memiliki reputasi dan sistem bisnis yang baik nilai gengsi juga masih menjadi alasan utama. Maklum saja beberapa orang Indonesia mungkin kebanyakan masih lebih percaya produk asing ketimbang produk lokal. Setidaknya ada beberapa motivasi dalam calon franchisee membeli franchise asing.

Alasan atau motivasi calon franchise membeli franchise asing :

  • pertama ada yang ditawari oleh franchisor luar negeri yang memang ingin ekspansi ke Indonesia. Karena market Indonesia besar dan sangat menjanjikan.
  • kedua karena calon franchisee mengenal baik merk dan usaha franchise asing ini. Misalnya saat dulu sekolah atau tinggal di luar negeri dan ingin membawa bisnis ini ke Indonesia

Dalam hal ini maka calon pembeli franchise sudah mengenal dan mengetahui bisnis tersebut. Niat membuka franchise tersebut di Indonesia mungkin adalah ikatan emosional terhadap produk dan merek yang sudah mereka kenal. Memang karena melihat potensi bisnis dan bisa menampung produk jasa bisnis tersebut di Indonesia.

Ada motivasi lain dari beberapa group perusahaan bisnis besar yang membeli beberapa merek franchise terkenal dari luar negeri untuk memperbesar jaringan bisnis ritel nya untuk kepentingan usaha. Misalnya untuk kepentingan perusahaan investasinya atau untuk kepentingan usaha properti nya atau kepentingan lainnya. Mereka melihat merek merek franchise asing yang terkenal dan mendunia cepat atau lambat pasti masuk ke Jakarta sebagai bagian kota metropolitan dunia.

Meski demikian dalam membeli franchise asing sebenarnya perlu dilandasi dengan kemampuan interpreneur sip yang tinggi. Kenapa? karena membeli franchise asing sebagai franchise atau master franchise tidak bisa bersikap sebagian investor atau hanya akan menanamkan uangnya saja. membeli franchise asing perlu mengerjakan bisnis yang dibelinya secara mandiri.

sebab principle merk luar atau franchisor hanya memberikan hak penggunaan merek bussiness format pelatihan dan monitoring. Dengan demikian tips pertama dalam membeli franchise asing adalah memastikan diri untuk mampu mengelola bisnis franchise tersebut secara mandiri. Persiapkan modal dan investasi modal kerja serta organisasi yang memadai.

apa saja yang perlu dievaluasi sebelum membeli franchise asing umumnya franchise owner operator bukan investor membeli franchise karena 5 hal :

  • Karena ingin memiliki peran yang bernilai
  • Mengharapkan dukungan startup mempersiapkan bisnisnya. Karena hal ini yang paling sulit saat ini mempunyai bisnis.
  • Karena mengharapkan bimbingan dan pelatihan yang profesional
  • Ingin mendapatkan format bisnis dan keunikan bisnisnya
  • mendapatkan dukungan dan pemasaran dalam menjalankan usahanya

demikian pula saat orang membeli franchise asing maka perlu mempertimbangkan paling tidak kelima hal tersebut di atas.

apakah princess princess asing yang akan dibeli memiliki nilai value yang bagus untuk menjalankan bisnis tersebut di Indonesia? Apakah prinsip tersebut akan bertambah tinggi nilainya di masa depan. Sebagai contoh memiliki franchise McDonald’s atau KFC yang menjual produk makanan yang sederhana jelas memberikan banyak keuntungan dalam menjalankan bisnis tersebut. Membeli franchise bisnis pakaian Zara misalnya ternyata brand menjadi sangat besar dan hal itu bagus untuk pengembangan bisnisnya di Indonesia.

Perlu dilihat program dari franchisor dalam membantu mempersiapkan dan membangun startup bisnis franchise yang dibeli untuk launching di Indonesia. Misalnya seven eleven its predecessor mereka membantu franchise-nya di Indonesia dalam merintis perizinannya ke pemerintah Indonesia. Membantu melakukan evaluasi lokasi dan bussines plan membantu desain pengadaan peralatan pengadaan barang dagangan dan lainnya sehingga melakukan launching bisnisnya di Indonesia.

lihat apakah program training nya cukup lengkap dan bukan hanya training awal saja. Lihat fasilitas trainingnya pelajari. apakah seluruh pelatihannya akan memberikan orientasi untuk mensukseskan bisnis franchise di Indonesia.

membeli franchise asin kemungkinan besar franchisor tidak bisa terlalu intens dalam melakukan monitoring dan lingkungan bisnis. Maka franchise akan sangat mengharapkan bussines format dan keunikan usaha dari franchise pizza sangat membantu menjalankan bisnis tersebut di Indonesia. Pelajari bussines format dan keunikan usaha dari franchise tersebut sehingga calon franchise di Indonesia tidak kehilangan arah dalam mengelola bisnisnya. Ada paduan usaha atau manual yang jelas.

Franchisor asing tidak akan melakukan dukungan pemasaran langsung kepada franchise-nya di Indonesia. Tetapi sebagai calon franchisee ada baiknya jika coba mempelajari dan mencermati desain dan program-program pemasaran yang akan dilakukan dan potensi untuk mendukung bisnis di Indonesia.

Sekali lagi siapkan tim dan organisasi yang memadai serta kemampuan penuh untuk mengelola bisnis franchise asing tersebut di Indonesia secara mandiri. Karena princess asing juga tidak mengharapkan pembeli prancisnya hanya sebagai investor

Baca Juga :

Tips Menyeleksi Calon Franchise Terbaik

5 Cara Memulai Usaha Franchise Terlaris! Terbukti Berhasil

Pentingnya Berkomunitas dalam Bisnis Franchise

Usaha Waralaba Yang Menggiurkan

7 Tips Memulai Start Up Business Franchise

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *