Macam Macam Penggunaan LINUX
Macam Macam Penggunaan LINUX

Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux

Diposting pada

Linux saat ini menjadi acuan dalam penggunaannya sebagai sistem operasi untuk server. Berdasarkan hasil riset dari Gartner Group. beberapa vendor server seperti HP, IBM. Dell, dan Sun, dilaporkan bahwa telah menggunakan secara luas bahwa penjualan server komersial yang berbasis linux mengalami peningkatan penjualan yang cukup signifikan yaitu sekitar 63 %. Hasil riset ini kembali didukung dengan dukungan Novell kepada penggunaan Suse Linux pada mesin server yang dipasarkan. Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS, dari Universitas Helsinki, Finlandia yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu ke pada suatu kumpulan lengkap perangkat lunak yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.

Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991 yang di-posting ke milis comp.os.minix, dengan maksud menawarkan untuk mempublikasikan kode sumbernya dan mengundang para developer lain untuk mengembangkannya bersama-sama. Kemudian pada 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH (GNU Bourne Again Shell) dan GCC (GNU C Compiler). Untuk versi pertama dirilis pada tanggal 14 Maret 1994, setelah tiga (3) tahun mengalami masa pengembangan yang dilakukan

Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux

bersama oleh banyak programmer dari seluruh dunia. Saat ini, Linux adalah sistem turunan UNIX yang lengkap, dapat digunakan untuk jaringan, pengembangan perangkat lunak, dan bahkan untuk penggunaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Os komersial, dengan kemampuan Linux yang setara bahkan lebih lingkungan sistem operasi ini termasuk ratusan program termasuk, kompiler, interpreter, editor dan utilitas perangkat bantu yang mendukung konektivitas, Ethernet, SLIP dan PPP, dan interoperabilitas.

Untuk masalah penggunaannya, pengguna dapat memilih distribusi distribusi Linux yang telah dikenal, misalkan Redhat, Mandrake, Suse, Debian, Gentoo, Slackware, dan lain-lain. Perbedaan antara satu distribusi (distro) yang satu dengan yang lainnya adalah lebih kepada masalah program-program yang disertakan dan fungsionalitas pemakaiannya, akan tetapi, tetap menggunakan kernel sama yang masih dikembangkan oleh Linus bersama komunitas programmer.

Satu hal yang tidak tidak mungkin dilupakan dari sistem operasi Linux adalah jika dibandingkan sistem operasi lain, dengan Linux dapat dicapai tingkat fleksibilitas dan kustomisasi maksimum. Karena source code sistem operasi diberikan, Anda dapat mengubah, melakukan konfigurasi, atau melakukan perluasan bila diperlukan. Banyaknya dokumentasi yang tersedia untuk Linux, membantu pihak pengembang aplikasi serta komunitas pengguna dalam memahami dan meningkatkan kinerja sistem.

Baca Juga :

Macam Macam Penggunaan LINUX

Dasar Sistem Operasi Linux Untuk Pemula

Mengenal Sistem Operasi Debian Linux

Mengenal Sistem Operasi Debian Linux

[TUTORIAL] Bagaimana Cara Naik Mrt Jakarta 2020

Cara Private Number Axis di Android Terbaru 2020

Usaha Waralaba Yang Menggiurkan

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *