Macam Macam Penggunaan LINUX
Macam Macam Penggunaan LINUX

Mengenal Sistem Operasi Debian Linux

Diposting pada

Debian linux merupakan distro yang sangat dinamis, hasil dari usaha para developer sukarela untuk membuat distro dengan kualitas tinggi dan nonkomersial. Hal ini diperkuat dengan situsnya www.debian.org yang terlihat dengan jelas bahwa distro ini tidak mengedepankan

aspek komersial. Keunggulan menggunakan Debian adalah mudah di upgrade, depedensi paket didefmisikan dengan baik, dan dikembangkan secara terbuka. Merupakan satu-satunya distro yang dikembangkan bersama-sama melalui Internet dengan lebih dari 400 pengelola paket menggarap lebih dari 1500 paket dalam mengembangkan Debian. Berikut adalah tingkat distribusi untuk distro Debian dibandingkan dengan distro yang lain, terlihat bahwa tingkat pertumbuhan dan tahun 20032004 Debian menduduki peringkat pertama sumber netcraft 2004)

Advertisement
Debian Linux
Debian Linux

Masih bersumber dari netcraft (2004) dinyatakan bahwa dari header website yang menggunakan Apache sebagai web server dapat dideteksi bahwa situs yang menggunakan distro Debian mengalami peningkatan.

Debian Linux
Debian Linux

Sedangkan berdasarkan negara yang menggunakan distro Debian untuk penggunaan hostname ini dapat diketahui bahwa sebagian besar negara menggunakan distro ini khususnya negara Perancis diikuti dengan Jerman dan Amerika.

Debian Linux
Debian Linux

Sejarah distro Debian sendiri dimulai pada tanggal 6 Agustus 1993 oleh Ian Murdock, yang pada waktu merupakan mahasiswa ilmu komputer di Purdue University. Untuk nama Debian sendiri mempunyai cerita yang menarik karena diambil pula dari nama istrinya, Debra. Visi dan misi yang dituangkan dalam Debian Manifesto oleh penciptanya menggambarkan mengenai konsep distribusi dari sistem operasi Linux yang bersifat bebas dan terbuka dengan tingkat pengembangan yang tidak terlepas dari ketentuan yang telah ditetapkan oleh Linux itu sendiri serta GNU. Debian yang tahap akhir ini telah mencapai versi 3.1 yang stabil dan lebih dikenal dengan nama “sarge” rilis 3, menghadirkan lebih dari 14000 paket aplikasi di dalam distribusinya. Mulai dari aplikasi desktop, aplikasi server, utilitas, perangkat bantu developer, hingga banyak lagi aplikasi lain yang dapat dengan mudah ditambahkan sistem hanya dengan satu perintah.

Advertisement
Advertisement

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *