Mengenal Sistem Operasi Debian Linux

Debian linux merupakan distro yang sangat dinamis, hasil dari usaha para developer sukarela untuk membuat distro dengan kualitas tinggi dan nonkomersial. Hal ini diperkuat dengan situsnya www.debian.org yang terlihat dengan jelas bahwa distro ini tidak mengedepankan

aspek komersial. Keunggulan menggunakan Debian adalah mudah di upgrade, depedensi paket didefmisikan dengan baik, dan dikembangkan secara terbuka. Merupakan satu-satunya distro yang dikembangkan bersama-sama melalui Internet dengan lebih dari 400 pengelola paket menggarap lebih dari 1500 paket dalam mengembangkan Debian. Berikut adalah tingkat distribusi untuk distro Debian dibandingkan dengan distro yang lain, terlihat bahwa tingkat pertumbuhan dan tahun 20032004 Debian menduduki peringkat pertama sumber netcraft 2004)

Debian Linux
Debian Linux

Masih bersumber dari netcraft (2004) dinyatakan bahwa dari header website yang menggunakan Apache sebagai web server dapat dideteksi bahwa situs yang menggunakan distro Debian mengalami peningkatan.

Debian Linux
Debian Linux

Sedangkan berdasarkan negara yang menggunakan distro Debian untuk penggunaan hostname ini dapat diketahui bahwa sebagian besar negara menggunakan distro ini khususnya negara Perancis diikuti dengan Jerman dan Amerika.

Debian Linux
Debian Linux

Sejarah distro Debian sendiri dimulai pada tanggal 6 Agustus 1993 oleh Ian Murdock, yang pada waktu merupakan mahasiswa ilmu komputer di Purdue University. Untuk nama Debian sendiri mempunyai cerita yang menarik karena diambil pula dari nama istrinya, Debra. Visi dan misi yang dituangkan dalam Debian Manifesto oleh penciptanya menggambarkan mengenai konsep distribusi dari sistem operasi Linux yang bersifat bebas dan terbuka dengan tingkat pengembangan yang tidak terlepas dari ketentuan yang telah ditetapkan oleh Linux itu sendiri serta GNU. Debian yang tahap akhir ini telah mencapai versi 3.1 yang stabil dan lebih dikenal dengan nama “sarge” rilis 3, menghadirkan lebih dari 14000 paket aplikasi di dalam distribusinya. Mulai dari aplikasi desktop, aplikasi server, utilitas, perangkat bantu developer, hingga banyak lagi aplikasi lain yang dapat dengan mudah ditambahkan sistem hanya dengan satu perintah.

Baca Juga :

Usaha Waralaba Yang Menggiurkan

Macam Macam Penggunaan LINUX

Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux

Dasar Sistem Operasi Linux Untuk Pemula

Mengenal Sistem Operasi Debian Linux

Sebagai distro yang tidak bersifat komersial. Debian mengalami masa perkembangan dan rilis ke komunitas dalam jangka waktu yang lebih lama apabila dibandingkan dengan distro yang lain. Berbagai riset serta analisis yang mendalam dilakukan oleh developer dalam memastikan bahwa aplikasi yang ditempatkan dalam distribusi tidak mengandung lubang kesalahan (uulnerability) yang dapat mengakibatkan sistem yang tidak handal. Secara dasar, rilis sarge menjanjikan suatu kestabilan, bukan pada sisi tampilan. Debian akan sangat baik digunakan oleh seorang Network Administrator, yang tidak akan bersedia melal dan penggantian sistem operasi yang telah digunakan karena masalah dukungan ataupun vulnerability yang

tinggi. Dan hal ini tidak akan ditemukan apabila sistem yang digunakan adalah sistem yang tepat, dan selalu juga mengaktivasi fasilitas update sistem sehingga titik-titik kelemahan tersebut dapat diminimalisasi dan tujuan akhirnya adalah sistem yang aman dan kuat

Versi dari Linux Debian saat ini telah mencapai etch, vaitu terdapat beberapa perbaikan signifikan terhadap dukungan ke perangkat keras terbaru, hingga disertai pula dengan aplikasi-aplikasi yang dari sisi fungsionalitas dan tampilan lebih bersahabat dengan kebutuhan pengguna. Debian versi etch (4.0) ini hadir dengan lebih dari 18 ribu aplikasi pada 3 dvd bawaannya, yang dapat diperoleh dari situs resmi. http://www.debian.org dan kemudian pula terdapat banyak repository tambahan yang membantu pengguna ketika ingin melakukan upgrade sistem ke versi yang lebih tinggi.

Debian merupakan distro favorit yang menghadirkan kombinasi antara kemudahan, dukungan dari komunitas, serta tersedia fitur upgrade aplikasi secara online yang dapat diakses dari seluruh penjuru dunia terutama bagi administrator system yang menjadi pengguna setia sistem operasi ini.

Baca Juga : Kapan Season 11 Pubg? Bocoran Update Lengkapnya Disini

Satu pemikiran pada “Mengenal Sistem Operasi Debian Linux”

Tinggalkan komentar