Macam Macam Penggunaan LINUX
Macam Macam Penggunaan LINUX

Macam Macam Penggunaan LINUX

Diposting pada

Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux

1.3 Distro Linux

Distro berasal dari kata distribution yang dapat diartikan sebagai penyebar, jika dikaitkan dengan Linux maka adalah penyebaran paket linux. Paket yang dimaksud adalah kumpulan software, instalasi. tampilan serta konfigurasi yang terkait untuk menjalankan sistem operasi linux. Perbedaan isi paket tersebut yang membuat keunggulan antara distro satu dengan yang lainnya. Bentuk distro dikemas dalam bentuk CD/DVD, terdapat juga versi ujicoba dari masing-masing distro yang lebih dikenal dengan sebutan LIVE-CD.

Bagi penggunaan awal pertanyaan yang paling muncul adalah “distro manakah yang paling baik?”. Pertanyaan tersebut sangatlah relatif. Pemilihan sebuah distro biasanya didasarkan pada popularitas atau banyaknya pengguna, kemudahan instalasi dan konfigurasi, tujuan penggunaan, kelengkapan aplikasi, dukungan pengembang, selera pengguna, dan kedaerahan (bahasa, jenis huruf, jenis keyboard, dlL.) merupakan sedikit pedoman yang dapat digunakan.

Alternatif lain untuk memilih distro dapat dilihat dari situs milik Ladislav Bodnar yaitu distrowatch.com (online sejak 31 Mei 2001), yang menyusun ranking distro berdasarkan HPD (Hit Per Day) dari 359 distro (status 31 Mei 2007).

Baca Juga :

Dasar Sistem Operasi Linux Untuk Pemula

Mengenal Sistem Operasi Debian Linux

Aplikasi Sadap WhatsApp Android 2020

YouTube Go : Aplikasi Download Video Ringan Untuk Youtube

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *