Macam Macam Penggunaan LINUX
Macam Macam Penggunaan LINUX

Dasar Sistem Operasi Linux Untuk Pemula

Diposting pada

Pemakai Menyederhanakan beberapa perintah yang sering dipergunakan.

Produk Pihak Ketiga

Selain aplikasi yang tergolong sebagai sistem Linux dasar, banyak pula aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga (bukan pembuat sistem Linux). Untuk kategori ini, terdapat dua (2) macam aplikasi, yaitu aplikasi yang dikembangkan oleh komunitas dengan lisensi GNU, misalkan OpenOffice dan Apache. Atau terdapat pula aplikasi komersial seperti ORACLE, Main Actor, dan sebagainya.

Dukungan dari pihak ketiga ini membuat Linux dapat menembus ke pelbagai kalangan, termasuk pada bidang bisnis. Aplikasi Seperti Inventory Control, GNUCash dapat diimplementasikan dengan mudah pada Linux, baik dengan Java, atau bahkan menggunakan paket jadi (package software).

File Sistem Linux

File sistem merupakan kumpulan file-file pada suatu media penyimpanan di mana mekanisme file-file tersebut diorganisasikan File sistem Linux tersusun dari sejumlah file dan directory yang

ditampilkan pada gambar sebagai berikut: Puncak dari hirarki di atas merupakan directory yang disebut sebagai root directory (directory ) yang memiliki sejumlah cabang yang disebut dengan directory. Directory yang berada tepat di bawah root directory biasanya bersifat standar yaitu:

/bin : berisi aplikasi-aplikasi executable Linux

/dev : berisi seluruh piranti sistem

/tmp : tempat untuk file-file yang bersifat sementara

/home : directory kerja bagi pengguna (home directory)

Baca Juga :

Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *